Gua Batee Meucanang, Objek Wisata Legenda di Labuhan Haji Barat

Sumberpost.com | Banda Aceh – Gua Batee Meucanang merupakan sebuah tempat legenda yang terletak di Gampong Batee Meucanang Kecamatan Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan.

Nama gua ini terdiri dari dua kata, Batee yang berarti batu “Meucanang/canang” yang berarti suatu alat musik tradisional aceh (sejenis gong). Nama ini di ambil dari batu yang ada di dalam gua batee meucanang, karena batu di dalam gua tersebut jika dipukul mengeluarkan suara canang.

Gua batee meucanang ini berukuran kira-kira 20 meter persegi dengan tinggi 15 meter, yang memiliki 2 pintu masuk pintu masuk pertama sangat sempit hanya muat untuk satu orang saja, sedangkan pintu masuk kedua sangat lebar yang merupakan pintu keluarnya.

Tiara, yang merupakan penduduk setempat mengatakan, akhir-akhir ini gua batee meucanang banyak dikunjungi oleh masyarakat setempat dan juga dari luar daerah terlebih semenjak akses jalan semakin mudah untuk dilewati oleh pengunjung.

“Semenjak akses jalan menuju gua batee meucanang ini di aspal, apalagi sekarang sudah banyak warung dan pondok-pondok yang dapat di singgahi jadi pengunjung yang berwisata ke batee meucanang ini semakin meningkat,” jelas Tiara.

Selain objek gua, juga terdapat sungai dan air terjun yang menjadi spot favorit pengunjung yang datang untuk berwisata bersama keluarga dan kerabat dekat.

Siti, salah satu seorang pengunjung wisata setempat mengatakan bahwa ketika weekend ia sering ke gua batee meucanang bersama keluarga dan juga teman-temannya untuk sekedar mandi di air terjun dan makan bersama di tepi sungai.

“Biasanya saya sering kesini di waktu weekend bersama keluarga, kadang juga sama teman-teman mandi di air terjun kemudian kami juga makan-makan di tepi sungai,” ujar Siti. []

Reporter: Khairiatul Nurwanti
Editor: Raudhatul Jannah