KPI Kembali Adakan Pelatihan Manajemen Radio dan TV

Sumberpost.com | Banda Aceh – Program Studi (Prodi) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry kembali mengadakan pelatihan Manajemen Televisi dan Radio Bagi Pengelola Komunitas, dengan tema “Manajemen Televisi dan Radio,” kegiatan itu dilakukan di aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Senin (8/5/2023).

Dekan FDK, Prof. Kusmawati Hatta dalam sambutannya menegaskan, kegiatan ini wajib diikuti dengan serius meski dalam kapasitas peserta yang tidak banyak.

“Wajib mengikuti pelatihan televisi dan radio ini dengan serius, tidak perlu dalam jumlah yang besar tetapi kita membutuhkan kualitas yang besar,” tegasnya.

Beliau juga menganjurkan kepada seluruh peserta untuk mendukung dengan mensubscribe channel youtube Ar-Raniry TV dan mendengarkan radio Assalam.

Disisi lain Ketua Prodi KPI, Syahril Furqany dalam sambutan juga mengatakan, mahasiswa dituntut serius dalam mengikuti pelatihan.

“Saya berharap mahasiswa KPI baik dari crew TV dan Radio untuk serius dan patuh dalam mengikuti pelatihan, karena pelatihan ini dilakukan untuk mencari bibit-bibit unggul bagi pengurus TV dan radio komunitas,” harapnya.

Dalam pemaparannya, Nanda Putri selaku narasumber menekankan ada 4 fungsi manajemen dalam penyiaran radio.

“Jadi ada 4 fungsi manajemen yang menjadi acuan bagi media penyiaran yang dikenal sebagai POAC, POAC yaitu Planning, Organizing, Actuating dan Controlling,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, POAC ini ternyata tidak hanya berlaku untuk manajemen media penyiaran radio.

“POAC gak hanya bisa diterapkan dalam manejemen penyiaran radio, tapi bisa juga dalam manajemen TV atau manajemen yang lain,” pungkas Nanda. []

Reporter: Raihatul Miska

Editor: Julia Makhrami