Sempat Ricuh, Ilham Risky Maulana Terpilih Jadi Presma UIN Ar-Raniry 2023-2024

Sumberpost.com | Banda Aceh- Pemilihan calon Presiden Mahasiswa (capresma) telah usai pada sore hari tadi. Atas hasil keputusan bersama delegasi selingkungan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, melalui pemilihan umum, Ilham Rizky Maulana, mahasiswa Program Studi (Prodi) Sosiologi Agama, Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat terpilih menjadi Presiden Mahasiswa (Presma) UIN Ar-Raniry periode 2023-2024, Senin(15/05/2023).

Sebelumnya sempat tejadi kericuhan antar Fakultas Tarbiyah dengan panitia penyelenggara, hal ini dikarenakan panitia penyelenggara tidak memperbolehkan delegasi Tarbiyah memasuki ruangan dengan alasan karena delegasi dari Tarbiyah telat mendatangi acara pembukaan pemilihan capresma.

Namun, berdasarkan pengakuan salah satu mahasiswa Tarbiyah sendiri mengatakan, mereka datang tepat waktu. Mereka hanya tidak mau memasuki ruangan karena belum terselesaikannya permasalahan antara Fakultas Syariah dan Hukum dengan pihak Komisi Independen Pemilihan (KIP). Pada saat itu juga, panitia penyelenggara memberikan waktu dispensasi 20 menit untuk delegasi dari Fakultas Tarbiyah.

“Kami mempertanyakan juga, dari Fakultas Syariah tentang permasalahan yang mereka alami, tentang ketua lama dan ketua baru. Nah, dari situlah kami komitmen, kami enggak akan masuk sebelum permasalahan itu selesai” ungkap Bahrol Walidin Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.

Di sisi lain, Tengku Raja Aulia Habibi selaku Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) menerangkan, timbulnya kericuhan ini dikarenakan adanya miskomunikasi yang terjadi. Ketua KIP juga mengatakan, pihak penyelenggara sudah meminimalisir hak tersebut, dengan memberikan hak gugatan kepada pihak calon yang ingin menggugat dan disertai dengan bukti yang konkret dengan waktu 1×24 jam.

“Permasalahan ini sudah diselesaikan ditempat, jadi jika kawan kawan ingin masih menggugat, kami beri waktu 1×24 jam,” jelas Tengku Raja Aulia Habibi.

Ia juga mempertegas bahwasannya panitia penyelenggara siap menerima gugatan, kemudian gugatan akan dipertimbangkan sesuai data lapangan, namun untuk keputusan Presma UIN Ar-Raniry periode 2023-2024 sudah di putuskan di dalam forum tadi. []

Reporter: Anzelia Anggrahini & Magfirah Izzani

Editor: Nurul Hidayah