Film Pendek Karya Mahasiswa UIN Ar-Raniry Lolos ke Babak 6 Besar PKM III Se-Asia Tenggara

Sumberpost.com | Banda Aceh – Film Pendek yang berjudul “Bayangan Malam” karya Universitas Project yang berkolaborasi dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh berhasil masuk finalis 6 besar kategori film pendek pada ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) III Se-Sumatera dan Perguruan Tinggi Islam Se-Asia Tenggara Tahun 2023.

Universitas Project sebagai tim perwakilan cabang film pendek dari UIN Ar-Raniry dinyatakan memasuki 6 urutan terbaik. Ajang perlombaan tersebut diikuti oleh seluruh PTKIN se-sumatera dan mancanegara yang berjumlah 37 kampus ternama di Asia Tenggara.

Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata yang sedang marak terjadi di Banda Aceh tentang eksploitasi anak. Film ini menceritakan tentang seorang mahasiswa yang aktif sebagai jurnalis yang tak sengaja bertemu dengan anak-anak penjual buah potong yang masih berjualan hingga larut malam. Setelah diselidiki ternyata ada oknum yang melakukan tindakan eksploitasi terhadap anak-anak tersebut yaitu guna untuk mencari keuntungan.

Asyraful Anam, selaku sutradara atau director film “Bayangan Malam” mengaku tak mudah untuk bisa menghasilkan film yang terbaik. Karena selain di bagian waktu yang lama juga memerlukan team yang solid serta mampu memberikan mimik wajah yang maksimal. Karena di dalam film ini memakai aktor anak kecil hingga orang dewasa, pembuatan film ini sangat sulit dikarenakan anak-anak ini memiliki waktu terbatas.

“Beberapa scene mungkin masih belum maksimal disebabkan oleh talent yang belum memenuhi acting yang seharusnya mereka pelajari, misalnya bagian mimik wajah. Ini adalah salah satu hal yang berat saat proses syuting, sehingga harus memakan waktu yang lama. Adapun mengenai waktu yang kami habiskan untuk produksi film ini yaitu memakan waktu 1.5 bulan,” jelas Anam, dalam wawancaranya dengan Sumberpost, Jumat (2/6/2023).

Dosen pembina cabang film pendek UIN Ar-Raniry, Ade Irma mengatakan, cabang lomba film pendek di ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini bisa menjadi wadah untuk berkreasi bagi mahasiswa yang memiliki minat ataupun skill di bidang perfilman. Ajang ini dapat mengasah keterampilan mahasiswa agar bisa lebih produktif sekaligus mampu memperbaiki kualitas diri.

“Alhamdulillah, Film Pendek hasil kerja mahasiswa UIN Ar-Raniry 2023, terpilih menjadi finalis di ajang PKM ini. Tentunya bisa berada sampai ditahap ini tidaklah mudah, karena butuh ketekunan, keseriusan, kesolidan, dan pastinya kerja keras yang sangat luar biasa yang harus dituangkan di dalam prosesnya, sehingga pencapaian ini sangatlah membanggakan,” ucap Ade.

Ade berharap, hal ini dapat menjadi inspirasi bagi kaum muda lainnya dan bisa memberikan manfaat yang baik bagi kalangan masyarakat bahkan bangsa dan negara.

“Saya berharap, saat di Jambi nanti, film hasil karya mahasiswa UIN Ar-Raniry tetap menjadi yang terbaik bahkan lebih lagi dan lagi, sehingga dapat menginspirasi generasi muda lain, mendidik, dan pastinya bisa memberikan manfaat baik bagi masyarakat, nusa, bangsa, dan pastinya agama,” kata Ade.

Film pendek ini juga dilakukan secara Hybrid, yang mana tahap awal yaitu tahap seleksi 6 besar yang diumumkan secara Dalam Jaringan (Daring). Sedangkan tahap keduanya adalah penentuan juara yang akan diumumkan secara Luar Jaringan (Luring) tepatnya di UIN Sunan Thaha Jambi pada bulan Juli mendatang. []

Reporter: Putri Bainah Desky
Editor: Raudhatul Jannah