FDK UIN Ar-Raniry Adakan Baksos Nasional

Sumberpost.com | Aceh Besar – Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Nasional dengan tema “FDK Mengabdi untuk Negeri Membangun Gampong Wisata” di Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 12 – 15 Juni 2023.

Ketua Panitia Rahmatul Akbar menjelaskan, para peserta menginap di rumah-rumah warga dengan konsep keluarga asuh, dan berbaur dengan masyarakat setempat.

“Para peserta ditempatkan di tiga gampong, yaitu Gampong Meunasah Krueng Kala, Gampong Tunong Krueng Kala, dan Gampong Baroh Krueng Kala. Mereka tinggal di rumah-rumah warga selama kegiatan berlangsung dan berbaur dengan masyarakat setempat,” kata Rahmat, Senin malam (12/6/2023).

Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni FDK UIN Ar-Raniry Dr. Sabirin menyebutkan, kegiatan ini sebagai wujud dukungan dunia kampus dalam mewujudkan wisata halal, dan pengabdian civitas kampus dalam bentuk bakti sosial.

“Kegiatan ini diharapkan akan mampu memberi dukungan terhadap penguatan wisata halal, dan pengabdian kepada masyarakat,” ungkap Sabirin.

Sementara itu Wakil Dekan 3 FDK UIN Suska Riau yang juga sebagai salah seorang peserta baksos, Arwan Mas’ud menyatakan, kegiatan ini merupakan realisasi dari tridarma perguruan tinggi dalam bentuk pengabdian masyarakat yang melibatkan mahasiswa dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilannya bagi masyarakat, memotivasi, mengembangkan potensi alam, khususnya potensi wisata islami.

Disisi lain Dekan FDK, Prof. Kusmawati Hatta dalam sambutannya pada acara pelepasan peserta baksos nasional mengharapkan, setelah terlaksananya baksos ini nantinya masyarakat mempunyai nilai lebih, serta mempunyai mindset yang berbeda terutama dalam hal pengembangan wisata yang ada di sana.

“Jadi harapan kita adalah, masyarakat kita itu mempunyai nilai lebih setelah adanya baksos ini, serta punya mindset yang berbeda terutama dalam hal pengembangan wisata halal, dimana salah-satu program baksos yang kita adakan adalah pengembangan gampong wisata halal yang ada di sana,” pungkasnya.

Kegiatan ini diikuti 60 orang peserta, kolaborasi dosen dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi Islam negeri, baik dari dalam maupun luar Aceh, diantaranya yaitu dari UIN Ar-Raniry, UIN Suska Riau, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, dan IAIN Takengon. [Rel]