HIMA-TI UIN Ar-Raniry Gelar Kegiatan “Aneuk IT Mengabdi”

Sumberpost.com | Sabang – Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (HIMA-TI) Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menggelar kegiatan “Aneuk IT Mengabdi” di Gampong Keunike, Sabang, 26-27 Agustus 2023.

HIMA-TI ingin membawa perubahan positif yang berdampak luas pada masyarakat yang belum mengenal teknologi secara mendalam.

Dalam sambutannya, ketua pelaksana acara, M. Dolaynanda Harialdy menjelaskan alasan di balik pilihan sosialisasi ini.

“Kami percaya bahwa edukasi awal kepada anak-anak dan pemahaman yang tepat kepada ibu-ibu adalah langkah penting dalam membentuk penggunaan teknologi yang bijak di masyarakat. Kami berharap informasi dan keterampilan yang diberikan dalam kegiatan ini dapat menjadi bekal yang berharga bagi generasi sekarang dan yang akan datang,” jelasnya.

Ketua Prodi Teknologi Informasi, Ima Dwitawati juga mendukung penuh kegiatan ini.

“Kegiatan ini bukan hanya tentang pengajaran teknologi, tetapi juga tentang pemberdayaan dan inklusi digital. Kami berharap semangat ini akan merambah dan memberikan manfaat jangka panjang pada masyarakat Gampong Keunike,” katanya.

Pada hari pertama, HIMA-TI memulai kegiatan dengan melakukan sosialisasi kepada anak-anak di Gampong Keunike.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman awal tentang teknologi kepada generasi muda. Para anak anak diajak untuk mengenali laptop dan smartphone dengan bijak serta pemahaman tentang dampak negatifnya.

Selanjutnya, sesi interaktif dilanjutkan dengan pengajaran mengetik 10 jari menggunakan laptop.

Tidak hanya itu, anak-anak juga diajak untuk bermain game berkonsep teknologi neredukasi tinggi.

Bukan hanya untuk anak-anak, kegiatan sosialisasi khusus untuk ibu-ibu juga kerap dilakukan.Sosialisasi ini membahas penyebaran hoaks dan penggunaan media sosial yang cerdas agar dapat mengidentifikasi informasi yang valid dan bertanggung jawab di era digital.

Dengan pemahaman ini, diharapkan ibu-ibu dapat menjadi pilar utama dalam menyebarkan informasi yang benar dan positif kepada keluarga dan masyarakat.

Pada hari kedua, HIMA-TI melaksanakan bakti sosial di Pantai Pasir Putih. Mahasiswa bergotong-royong membersihkan pantai dari sampah dan limbah plastik.

Geuchik (Kepala Desa) Gampong Keunike, mengapresiasi upaya ini.

“Aksi nyata seperti ini membuktikan bahwa teknologi tidak hanya berarti gadget, tetapi juga tentang merangkul nilai-nilai kemanusiaan dan lingkungan. Pantai Pasir Putih akan semakin bersinar berkat semangat ini,” tuturnya.

Melalui aksi nyata ini, mereka ingin menunjukkan pentingnya menjaga kebersihan pantai dan menjauhkan limbah plastik dari lingkungan laut yang berharga.Dalam kegiatan ini HIMA-TI tidak hanya ingin memberi pemahaman teknologi, tetapi juga ingin memberikan dampak positif yang nyata pada masyarakat dan lingkungan. [Rel]