Mahasiswa Kesos Peduli Lingkungan Jembatan Lamnyong

Sumberpost.com | Banda Aceh – Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Kesejahteraan Sosial (Kesos) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry bersama Ruang Lingkup dan Tessa melakukan kolaborasi gerakan peduli sampah di Bantaran Krueng Lamnyong, Syiah Kuala, Banda Aceh, Minggu (27/8/2023).

Kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi dari tiga Lembaga, yang akan dijadikan kegiatan rutin.

Kawasan Krueng Lamnyong menjadi salah satu destinasi yang sering dikunjungi oleh masyarakat setempat. terutama mahasiswa/i Kopelma Darussalam.

Banyaknya pengunjung yang membawa makanan dan tidak memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. Meskipun sudah terdapat Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di sekitar kawasan tersebut, namun tetap tidak meningkatkan rasa kepedulian sebagian masyarakat kita. Hal ini seharusnya tidak hanya menjadi tanggung jawab dinas terkait, masyarakat pun memiliki kewajiban serupa.

Jihan Maghfirah Silwin, Sekretaris HMP Kesejahteraan Sosial (KS) mengatakan, manusia memiliki ketergantungan dengan alam, apapun yang kita lakukan untuk alam maka akan kembali kepada manusianya.

“Harapannya kegiatan ini bukan hanya melahirkan lingkungan yang bersih dan sehat namun juga dapat meningkatkan konservasi sumber daya alam yang dapat mengurangi kerusakan ekosistem laut. Dengan lingkungan bersih dan sumber daya yang terjaga akan menciptakan dunia yang lebih baik untuk generasi yang akan mendatang,“ tutur Jihan.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 volunteer dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda, kegiatan ini dilaksanakan bukan hanya untuk peserta tertentu saja, tetapi juga dibuka untuk umum.

Tujuannya untuk menyadarkan pemuda-pemudi agar lebih peka terhadap lingkungan.

Di sepanjang bantaran sungai ditemukan berbagai macam sampah. Mulai dari sampah yang dapat didaur ulang sampai yang tidak dapat didaur ulang. Volunteer juga menemukan berupa sampah pakaian dan juga bahan makanan yang sudah expired pada tahun 2019.

Terakhir, kegiatan peduli lingkungan ini, banyak mendapatkan perhatian dari masyarakat sekitar, semoga dapat menginspirasi masyarakat sekitar terhadap pentingnya peduli lingkungan. [Rel]