UKM Warga Mandiri Gampoeng Lamkeunung Gelar Bazar Produk

Sumberpost.com | Aceh Besar – Kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM) Warga Mandiri gampoeng Lamkeunung menggelar bazar produk di Paud Bungoeng Jeumpa, gampoeng Lamkeuneng, kec. Darussalam, kab. Aceh Besar, Minggu (10/9/2023).

Bazar ini merupakan kegiatan rutinitas warga dibawah naungan PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) gampoeng Lamkeunung dan dilaksanakan pada minggu kedua setiap bulannya.

Ketua PKK, Rohani menjelaskan, bazar tersebut pertama kali diselenggarakan saat pandemi covid-19 tepatnya pada bulan Maret 2020. Kurangnya kegiatan kala itu membuat warga setempat sepakat membentuk kelompok UKM dan membuat bazar disetiap bulan.

“Saat pandemi, warga tidak ada kerja, jadi kami buat suatu kesepakatan sehingga terbentuklah UKM Warga Mandiri gampoeng Lamkeunung,” kata Rohani saat diwawancarai oleh tim Sumberpost.com.

Rohani mengatakan, tujuan diselenggarakan bazar tersebut untuk menggerakkan masyarakat sekitar serta meningkatkan perekonomi rumah tangga.

Adapun produk yang diperjualbelikan pada bazar tersebut mencakup sayur-sayuran yang sebagian besar ditanam oleh warga setempat, dompet yang dijahit langsung oleh warga, serta aneka sabun dan makanan yang merupakan hasil olahan warga gampoeng Lamkeunung.

Perlu diketahui, gampoeng Lamkeunung merupakan satu-satunya gampoeng di kecamatan Darussalam yang mengadakan bazar produk UKM dan telah beberapa kali mengikuti bazar tingkat provinsi.

Dalam acara tersebut tidak hanya berisi kegiatan bazar, namun juga dilengkapi dengan berbagai perlombaan yakni lomba mewarnai untuk anak-anak tingkat TK dan SD serta lomba membaca Asmaul husna khusus ibu-ibu PKK. []

Reporter: Widdatul Hasanah
Editor: Raudhatul Jannah