Bersama UnIPSAS, UIN Ar-Raniry Gelar Da’wah International Conference

Sumberpost.com | Banda Aceh – Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menyelenggarakan seminar internasional yang bekerja sama dengan Universitas Islam Pahang Ahmad Shah (UnIPSAS) Malayasia dengan mengusung tema ‘Transformation of Da’wah and CommunicationTowards Society 5.0’ di Aula FDK, Jum’at (22/9/2023).

Prof Kusmawati, Dekan FDK dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para tamu undangan yang sudah berhadir dan Rektor UIN Ar-Raniry Mujiburrahman.

“Kami berterima kasih kepada para tamu undangan yang sudah berhadir terutama Bapak Rektor punya waktu untuk membuka walaupun ini sangat mendesak, tapi Alhamdulillah Bapak Rektor bisa bersama kita hari ini disini, dan nanti kami meminta Bapak Rektor untuk membuka acara ini secara resmi,” ucap Kusmawati.

Sementara itu, Norfadelah binti Nordin yang merupakan delegasi dari UnIPSAS Pahang Malaysia juga turut menyampaikan beberapa rentetan kerjasama antara UnIPSAS dan UIN Ar-Raniry.

“Kita sudah melaksanakan Mo U pada 14 Mei dan kita sambung dengan Operasi Masyarakat, dalam bulan 11 insya Allah anak-anak kami pula akan kesini bersama dengan anak-anak disini. Kita akan laksanakan program bersama. Satu lagi hasratnya ialah kita akan melaksanakan penempatan Latihan Dasri, kita akan hantar pelajar Malaysia kesini selama 4 bulan, dan pelajar sini akan tinggal di Malaysia selama 4 bulan pula, itu adalah rentetan Mo U kita antara pihak UIN dan UnIPSAS,” tutur Norfadelah.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Mujiburrahman mengatakan, banyak dari kitab-kitab da’wah yang ada dalam manuskrip Aceh perlu dipelajari dan dikaji lebih dalam.

“Saya membayangkan dalam kajian dakwah dan komunikasi, banyak kitab-kitab da’wah yang ada dalam manuskrip Aceh, saya pikir itu perlu dipelajari dan dikaji lebih jauh pada seminar-seminar selanjutnya terkait dengan dakwah dan komunikasi,” kata Mujiburrahman.

Pada seminar internasional ini menghadirkan beberapa keynote speaker diantaranya, Prof Kusmawati Hatta dari UIN Ar-Raniry, Ustazah Norfadelah binti Nordin dan Ustaz Ainuddin bin Kamarudin dari UnIPSAS Pahang Malaysia, serta Syeikh Mohammed Ebrahim El-Shirbiny Sakr dari Universitas Al-Azhar Mesir.

Kemudian, ada 12 speakers yaitu dosen-dosen dari FDK UIN Ar-Raniry yang akan memaparkan materinya dalam seminar internasional ini. []

Reporter: Rina Hayati
Editor: Julia Makhrami