Semarakkan Maulid Nabi, TPQ Fathun Qarib Bagikan 24 Set Piala Untuk Pengajar dan Santri

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dalam rangka menyemarakkan Maulid Nabi ke-1445 Hijriah, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Fathun Qarib bagikan 24 set piala untuk pengajar dan santri pemenang lomba Gebyar Maulid Santri (GEMAS) V di halaman Mesjid Fathun Qarib UIN Ar-Raniry, Minggu, (29/10/2023).

Direktur TPQ Fathun Qarib, Mauliza, mengatakan, GEMAS sudah menjadi tradisi TPQ Fathun Qarib dalam memeriahkan acara maulid nabi dan diisi dengan berbagai lomba keagamaan khusus untuk santri dan pengajar di TPQ tersebut.

“Untuk memeriahkan acara maulid, kita sering rangkai dengan perlombaan-perlombaan antara santri di kelas mereka sendiri maupun dengan santri kelas lain,” katanya saat di wawancarai tim Sumberpost.com.

Perlombaan tersebut berlangsung selama 5 hari terhitung sejak tanggal 16-23 Oktober. Serangkaian perlombaan dilakukan dengan tujuan untuk mengetes kemampuan dan pengetahuan santri.

“Perlombaan ini bertujuan untuk mengetes kemampuan dan pengetahuan santri yang telah diajarkan selama ini,” ucap Mauliza.

Adapun perlombaan khusus santri meliputi lomba mewarnai, menggambar, pidato, hafalan surah pendek dan doa harian, baca kitab arab melayu, nasyid islami, peragaan busana muslim, azan, tarikh, peragaan shalat, ranking 1 dan cerdas cermat agama. Sedangkan lomba olimpiade agama dan menulis puisi khusus untuk para pengajar.

Puncak rangkaian kegiatan dimeriahkan dengan penampilan santriwan/santriwati mulai tari ranup lampuan, tilawah dan sari tilawah, shalawat nabi, nasyid, musikalisasi puisi dan rapai geleng, serta diisi dengan ceramah Maulid Nabi Muhammad SAW dengan menghadirkan penceramah yakni Ustadz Umar Ismail. []

Reporter: Widdatul Hasanah
Editor: Raudhatul Jannah