HMP Pendidikan Biologi Jual Mie Goreng, Tanda Bentuk Kontribusi Untuk Palestina

Sumberpost.com | Banda Aceh – Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry melakukan aksi galang dana untuk Palestina melalui aktivitas jual-beli mie goreng yang mereka lakukan di pekarangan Lab Biologi, Banda Aceh, Senin, (30/10/2023).

Dengan kerja sama antar dosen Prodi Pendidikan Biologi, Himpunan pendidikan Biologi, serta mahasiswa/i kegiatan ini sukses terlaksana. Dan dapat memotivasi bagi Prodi lainnya.

Dalam penjualan mie ini, Eva Nauli Taib adalah pencetus ide awal dari kontribusi yang dilakukan HMP Pendidikan Biologi untuk membantu saudara muslim di palestina. Eva menjelaskan, Ide tersebut berawal dari mata kuliah Bioenterpraneur, dimana mahasiswa membuat project mini riset touge tadilah menjadi bahan baku mie goreng yang mereka perjualbelikan dan hasilnya disumbangkan untuk palestina.

“Kita sudah akreditasi unggul ya, maka tindakan kita harus unggul juga. Mahasiswa adalah agen perubahan, jadi kalianlah yang dapat menggerakkan,” jelas Eva.

Ia menginginkan para dosen dapat berkontribusi dan membicarakan hal ini lebih matang lagi, agar para mahasiswa juga dapat tergerak hatinya untuk membantu sesama saudara muslim palestina. Ia juga merencanakan untuk membuka open Purchase Order (PO) serta membuat brosur jadwal penjualan agar interaksi jual beli ini lebih terencana dengan baik.

“Kita harus bergerak lebih awal, karena tanpa sadar ketika mereka membeli dagangan kita tanpa sadar mereka menyumbang. Dan mereka menyumbang itu kadang-kadang belinya berapa bungkus gitu, mereka langsung memberikan lebih banyak dari harga yang sebenarnya,” lanjut Eva.

Miraaatzani, salah satu Mahasiswi Prodi Pendidikan Biologi juga menerangkan bahwa kegiatan ini dilakukan seikhlas hati dan seutuhnya untuk membantu Palestina. Dana yang didapatkan seluruhnya diberikan kepada Palestina melalui Yayasan Darut Tauhid.

“Semua yang kami hasilkan itu tidak ada kami ambil untuk pemasukan himpunan, tapi seluruhnya kami sumbangkan semua ke Palestina untuk membantu mereka selain do’a kita yang mereka butuhkan,” jelas Mira.

Ia juga melnjutnya, aksi jualan mie goreng akan terus berkelanjutan dan tidak ada target khusus untuk dana yang diberikan. Mereka berharap seberapa banyak dana yang diberikan itu menjadi keberkahan bagi HMP pendidikan Biologi dan meringankan beban saudara muslim yang ada di Palestina.

“Dari aksi galang dana ini saya harap bukan Prodi Pendidikan Biologi saja melakukan hal ini, namun mahasiwa dapat turut andil bergerak membantu saudara muslim kita yang ada disana dari kekejaman zionis Israel,” tegasnya.

Aksi galang dana ini didukung penuh oleh beberapa dosen Biologi, diantaranya Eva Nauli Taib Selaku ketua unit penjaminan mutu Prodi Biologi, Mulyadi selaku ketua prodi Pendidikan Biologi serta para dosen pendidikan Biologi lainnya. []

Reporter: Anzelia Anggrahini

Editor: Julia Makhrami