Tingkatkan Kapasitas Calon Legislator Muda, SEMA Adakan Training Legislatif Mahasiswa Nasional

Sumberpost.com | Banda Aceh – Senat Mahasiswa(SEMA) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menyelenggarakan kegiatan Training Legislatif Mahasiswa Nasional (TLMN) dengan tema “Organisasi Peran dan Fungsi Lembaga Legislatif dalam Mencari Legislator Muda Berkapasitas, Komunikatif menuju Parlemen Kampus yang Berintegritas”. Acara ini diadakan selama 3 hari di Auditorium Ali Hasymi UIN Ar-Raniry, Senin (30/102023).

Juanda Khairi Chaniago, selaku ketua panitia dalam kata sambutan menyatakan tujuan dari kegiatan TLMN ini adalah untuk meningkatkan kapasitas calon legislator muda yang ada di berbagai universitas. Serta untuk menindak lanjuti kasus yang ada di berbagai Universitas.

“Tujuannya agar mengetahui kondisi hati ini sangat memprihatinkan bagaimana mahasiswa menindak lanjuti kasus yang ada di universitas terutama Universitas UIN Ar-Raniry dan substansi atau fungsi daripada legislatif baik dari senat fakultas kurang dipahami sehingga senat mahasiswa menggelar training ini dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas calon legislator muda ini,” ujarnya.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Mujiburrahman yang juga merupakan pembicara pada kegiatan TLMN mengatakan kegiatan ini memiliki urgensitas yang baik untuk diikuti oleh mahasiswa. Karena legislator saat ini diberikan amanah oleh negara untuk memperjuangkan seluruh aspirasi masyarakat. Maka kejujuran dalam hal ini sangat penting.

“Kegiatan yang dilaksanakan hari ini memiliki urgensitas yang sangat baik untuk diikuti oleh para mahasiswa kita karna peran legislatif ini sesuatu yang harus dilakukan pada masa regradasi legislatif di negeri ini. Para legislator saat ini yang diberikan amanah oleh negara untuk memperjuangkan seluruh aspirasi masyarakat namun tidak berjalan dengan baik karna ada persoalan-persoalan degradasi pada diri legislator kita ini. Makanya dalam konteks akademik kejujuran dari legislatif sangat diperlukan,” ujar Prof Mujib.

Prof Mujib berharap setiap peserta yang mengikuti kegiatan TLMN ini harus mengetahui pentingnya proses legislasi yang harus diperjuangkan bersama di parlemen, sehingga aspirasi masyarakat benar-benar tersampaikan.

“Setiap peserta yang mengikuti acara ini harus mengetahui begitu pentingnya prosesi legislasi yang harus diperjuangkan bersama diparlemen sehingga aspirasi masyarakat benar-benar sesuai tersampaikan seperti yang diharapkan,” pungkasnya.

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa Senat Mahasiswa lain dari berbagai universitas dimana acara ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan baru kepada calon legislator muda dan sebagai program dukungan baik untuk kampus UIN Ar-Raniry maupun kampus lainnya. []

Reporter: Aininadhirah (Mag)
Editor: Raudhatul Jannah