Pemutaran dan Diskusi Film Farha : Tentang Peristiwa Nakba Palestina

Sumberpost.com | Banda Aceh – Yayasan Aceh Bergerak gelar Surah Film dengan judul “Farha” yang disutradarai oleh Darin J.Sallam dan berlangsung di di Sekretariat Aceh Bergerak, Lambhuk, Ulee Kareng, Banda Aceh, Selasa malam (14/11/2023).

Film yang dirilis tahun 2021 lalu ini menceritakan tentang peristiwa Nakba, pengusiran masal bangsa Palestina ketika pendirian Israel pada tahun 1948. Film yang berdurasi 1 jam 32 menit ini sempat menuai kontroversi di Israel saat dirilis oleh Neflix pada 2022 silam.

Ketua Yayasan Aceh Bergerak Eva Hazmaini menyebutkan alasan film ini dipilih untuk nonton bareng dan di diskusi dikarenakan peristiwa yang sedang terjadi di Palestina saat ini.

“Kita tahu bahwa sejak 7 November lalu Palestina kembali diluluh lantahkan oleh rudal-rudal Israel dan kita sebut ini bukan peperangan, tetapi genosida. Untuk itu kita rasa perlu kembali melihat peristiwa-peristiwa serupa yang terjadi di awal dulu,” jelasnya.

Eva juga mengatakan, pihaknya ingin memberikan ruang dan kesempatan bagi sebagian masyarakat yang masih berfikir tentang apa yang bisa kita lakukan untuk membantu Palestina.

“Banyak timbul pertanyaan, apa yang bisa kita lakukan untuk membantu saudara muslim kita di Gaza. Untuk itu kita mencoba memberikan ruang dengan menghadirkan narasumber perwakilan Sekjen Ikatan Sarjana Alumni Dayah dan Global Ehsan Relief,” katanya.

Eva juga menambahkan Tujuan dari pemutaran film ini tidak lain untuk membuat kita paham apa yang harus kita lakukan untuk membela Palestina.

“Tujuannya agar setidaknya kita tau dan paham apa yang bisa dan harus kita lakukan untuk membela saudara seiman baik dari sisi agama dan juga praktek para relawan,” tambahnya.


Selain nobar dan diskusi, juga diiringi dengan doa bersama serta donasi untuk Palestina. Surah Film juga merupakan kegiatan rutin Aceh Bergerak yang dilaksanakan setiap dua minggu sekali. Tujuannya adalah sebagai ruang eksistensi dan ruang kritik terkait permasalahan sosial. []

Reporter: Zuraida