Kembangkan Dakwah melalui Animasi, FDK UIN Gelar Workshop

Sumberpost.com | Banda Aceh – Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, menggelar Workshop untuk mengembangkan dakwah melalui film animasi, kegiatan tersebut berlangsung di Aula Fakultas setempat, Rabu (15/11/2023).

Ketua Panitia, Syahril Furqany mengungkapkan, salah-satu cara berdakwah yang populer dan mudah dicerna oleh anak-anak dan juga merangkum remaja serta orang dewasa adalah melalui film animasi. Seperti dakwah yang ada di animasi Nusa dan Rara.

“Contohnya film Animasi dakwah Nusa dan Rara yang dikemas dengan sederhana mengajari penonton terkhususnya anak-anak tentang sunah-sunah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW di dalam kehidupan sehari-hari seperti, tidak boleh meniup makanan yang panas menggunakan mulut, tetapi lebih baik dikipas, hal semacam inilah yang dapat mengajak dan menarik minat orang-orang untuk mengikuti ajaran dakwah melalui film animasi,” ungkapnya.

Sementara itu Dekan FDK, Prof Kusmawati Hatta berharap, agar workshop tersebut dapat menghadirkan banyak konten-konten yang dapat bermanfaat untuk pengembangan dakwah komunikasi.

“Semoga workshop ini dapat menjadi awal mula menghadirkan banyak konten konten yang bisa bermanfaat untuk pengembangan dakwah komunikasi, sehingga nantinya kita dapat memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya dengan berbagai fasilitas yang ada, dimana teknologi merupakan suatu hal yang sangat penting, oleh karena itu memanfaatkan teknologi sesuai dengan norma agama beserta nilai estetikanya,” harapnya.

Salah satu Narasumber yaitu sutradara film animasi Nussa dan Rara, Bony Wirasmono, memaparkan tentang pentingnya berdakwah melalui sebuah konten, salah satunya konten animasi yang dikhususkan untuk anak anak yang saat itu sangat diperlukan. Dengan kemampuannya yang dapat membuat animasi, akhirnya ia dan timnya dapat melaunching film Nussa dan Rara pada tahun 2018. Film ini mendapatkan banyak respon positif dari mayarakat dan mengapresiasi karya tersebut.

“Banyak yang memuji dari karya kami dengan berterima kasih kepada tim kreator, terus ada salah satu penonton yang bilang dari film animasi ini anaknya bisa menghafal huruf hijaiyah,” pungkasnya.

Workshop tersebut diikuti 70 Peserta, menghadirkan empat Narasumber yaitu, Prof Muhammad Yasir Yusuf, selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Bony Wirasmono, selaku CCO The Little Giantz, Adhitya Putra, selaku Ketua Komunitas Film Trieng, dan Umar bin Abd. Aziz, selaku Kepala Pusat Pengembangan Bisnis UIN Ar-Raniry. []

Reporter: Cut Wulandari Sukma
Editor: Raudhatul Jannah