Akhiri Kegiatan PTQ, UIN Ar-Raniry akan Launching Markazul Qur’an

Sumberpost.com | Banda Aceh – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menutup kegiatan Pekan Ta’aruf Qur’ani (PTQ) yang telah dilaksanakan sepekan, penutupan tersebut dilaksanakan di Masjid Fathun Qarib UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Selasa (28/11/2023).

Mauliza Akbar, selaku perwakilan panitia kegiatan tersebut mengucapkan, terimakasih banyak kepada 330 peserta yang telah mengikuti rangkaian kegiatan acara tersebut.

“Terima kasih banyak kepada peserta yang telah mengikuti rangkaian kegiatan acara ini, selama sepekan ini sudah kita laksanakan rangkaian acara pekan ta’aruf qurani mulai dari hari pembukaan pada tanggal 21 November, kemudian dilanjutkan dengan talkshow qurani. Kami laporkan juga rangkaian acara kedua yakni parade tasmi’ al-Qur’an yang telah berlangsung selama kurang lebih 5 hari dimulai dari tanggal 22-27 November,” ucapnya.

Ia juga mengatakan selama parade tasmi’ peserta sudah dibagi kedalam beberapa kelompok masing-masing yang terdiri dari 4 hingga 6 orang, namuan untuk kelompok utamanya itu terdiri dari 6 orang untuk ditargetkan perhari 6 juz, sehingga dalam di hari terakhir tasmi’ dapat terselesaikan pada 30 juz.

“Selama 5 hari para peserta sudah kita bagi kelompok, juga masing-masing kelompok ada yang 6 orang ada yang 4 orang tetapi kelompok utamanya itu 6 orang karena target kita perhari itu 6 juz dan alhamdulillah setiap hari itu kelipatan 6 juz hingga kemarin sudah itu sudah kelipatan juz 6 terakhir yakni juz 24-30 maknanya sudah selesai para peserta ini dalam mengkhatamkan al-Qur’an selama 5 hari ini,” tuturnya.

Tak sampai disitu, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof Muhammad Yasir Yusuf, saat penutupan mengatakan, para peserta ini merupakan Assabiqunal Awwalun yakni orang pertama hadir dalam kegiatan Pekan Ta’aruf Qur’ani (PTQ) dan akan melaunchingkan Markazul Qur’an.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada adik-adik sekalian, kalian boleh kami katakan merupakan Assabiqunal Awwalun yaitu orang pertama hadir dalam Pekan Ta’aruf Qur’ani (PTQ), kita dan pak rektor sudah sepakat PTQ ini akan menjadi agenda rutin tahunan, Insyaallah kamis nanti kalau tidak ada halangan Pak Rektor, akan launching Lembaga Markazul Qur’an jadi akan menjadi Markaz Al-Qur’an bagi para penghafal Al-Qur’an, yang datang baik dari Indonesia maupun Luar Negeri baik S1 maupun S2 berkumpul di UIN,” ucapnya saat penutupan.

Ia juga berharap dalam Lembaga Markazul Qur’an terdapat dua program yakni program muraja’ah hafalan dan ziyadah hafalan dan membentuk lembaga Markazul Qur’an menjadi pusat kajian Qur’an dan Tafsir.

“Terdapat dua program kedepan yang kita harapkan murajaah hafalan dan ziyadah hafalan nanti kita akan berharap ketika wisuda nantinya kita bisa mengumumkan bukan hanya prestasi akademik di tingkat cumlaude tetapi juga mampu menghafalkan beberapa juz al Qur’an,” ujarnya.

Markazul Qur’an akan dibentuk menjadi pusat kajian Qur’an dan tafsir. Ia berharap UIN Ar Raniry tidak hanya memproduksi sarjana yang punya kepakaran dalam bidang ilmunya tapi para sarjana Al-Qur’an ada di dalam dada mereka, akhlak mereka terbentuk menjadi akhlak al Qur’an.

“Markazul Qur’an ini akan kita bentuk dalam kelembagaan jadi nanti akan menjadi pusat kajian qur’an dan tafsir, nama besarnya itu Markazul Qur’an dan kita berharap memang UIN Ar Raniry bukan hanya memproduksi sarjana yang punya kepakaran dalam bidang ilmunya tapi para sarjana Al Quran ada di dalam dada mereka, akhlak mereka terbentuk menjadi akhlak al Qur’an, mereka hadir untuk memberikan cahaya, kebaikan baik di UIN maupun diluar UIN nantinya,” pungkasnya.

Setelah melakukan parade tasmi’ selama sepekan yang digelar di beberapa titik lingkungan UIN Ar-raniry setempat diantaranya Balei FEBI, Masjid Fathun Qarib, Jamboe Pustaka, Aula Rektorat, Aula Biro Akademik, Musalla Kompas, dan ruang Internasional Office. Kegiatan tersebut diakhir dengan penutupan dan Haflah Qur’an oleh beberapa qari-qari terbaik UIN Ar-Raniry. []

Reporter: Arina Manasikana
Editor: Raudhatul Jannah