Rektor UIN Ar-Raniry: Awal Tahun 2024 Skripsi Ditiadakan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Mujiburrahman mengatakan, awal tahun 2024 skripsi ditiadakan. Hal ini disampaikan dalam silaturrahmi dan temu ramah Rektor UIN Ar-Raniry dengan awak media yang diadakan di Solong Kopi Pango, Rabu (29/11/2023).

“Kita di awal tahun depan akan memberlakukan, ini merupakan respon kita terhadap kebijakan dari kementerian pendidikan, dimana disitu diberi kesempatan kepada mahasiswa kita untuk menulis artikel ilmiahnya bukan hanya dalam bentuk skripsi yang nantinya akan kita atur dalam peraturan akademik kita,” ujar Prof Mujib.

Selanjutnya, Prof Mujib juga menyampaikan mekanisme mengenai pengganti dari skripsi tersebut yaitu mahasiswa cukup menulis artikel ilmiah yang bisa diterbitkan di dalam jurnal ilmiah.

“Bagi S1 nantinya siapa yang ingin menulis skripsi silahkan, siapa yang ingin menulis jurnal silahkan dibolehkan, misalnya nantinya jika mahasiswa semester empat dia sudah ada terbit jurnal disebuah jurnal ilmiah dia tidak perlu lagi membuat skripsi jadi di semester 7 nanti dia akan selesai kuliahnya,” tambahnya.

Hal lainnya juga bisa digantikan dengan melakukan penelitian yang bisa menghasilkan atau menciptakan sesuatu yang baru.

“Adapun pola lain nantinya misalnya dengan program PKM, dengan dia melakukan penelitian yang sifatnya menghasilkan sesuatu dari penelitian itu, laporan penelitian itu bisa diakui sebagai karya ilmiah juga pengganti skripsi,” lanjutnya.

Kebijakan ini diharapkan akan membawa manfaat dalam memudahkan mahasiswa kedepannya memiliki berbagai kepakaran dan juga untuk mendorong mahasiswa cepat menyelesaikan studinya.

“Hal ini akan segera kita atur, karena itu kita melihat efeknya banyak manfaatnya untuk memudahkan para mahasiswa dalam memiliki berbagai kepakaran dan juga untuk mendorong mahasiswa cepat selesai kuliah,” pungkasnya. []

Reporter: Fatimah Azzahra
Editor: Raudhatul Jannah