Bersama Aceh Bergerak Gampong Lambhuk Adakan Kesenian Bertabur Bintang Batch II

Sumberpost.com | Banda Aceh – Masyarakat desa Lambhuk Kecamatan Ule Kareng Banda Aceh Bersama Yayasan Aceh Bergerak akan gelar “Bertabur Bintang Batch II” pada Sabtu 23 Desember 2023 medatang. Bertabur Bintang Batch II ini mengusung yang tema Industri Budaya dilaksanakan di Sekretariat Aceh Bergerak, Lambhuk, Ulee Kareng, Banda Aceh, Kamis (21/12/2023).

Kepala Desa Lambhuk, PJ Erry Miswar mengungkapkan, masyarakat desa Lambhuk siap berupaya memajukan desa.

“Itu salah satu alasan bahwa (masyarakat) desa Lambhuk siap mendukung upaya-upaya pemajuan desa sector kreatif, salah satunya indrustri perfilman. Selain menjadikan desa sebagai lokasi produsi film, kita juga mendorong agar warga desa juga bisa berperan menjadi tallen dan tim produksi film,” ungkap Erry.

Bersama Aceh Bergerak masyarakat desa Lambluk menginisiasi kegiatan Bertabur Bintang Batch II dengan kegiatan utama berupa Launching Gampong Film, di mana Gampong Lambhuk menjadi lokasi yang dipilih.

Hal ini mengingat banyaknya aktifitas perfilman yang dilakukan di desa tersebut. Mulai dari pemain, lokasi syuting, serta menjadi pusat beberapa komunitas film kreatif di Banda Aceh berada di gampong Lambhuk.

Selain itu, rangkaian kegiatan lainnya juga turut memeriahkan acara Bertabur Bintang Batch II seperti Pemutaran Film, Lomba mewarnai, Pameran Foto, Gala Dinner, Diskusi, serta Deklarasi Lambhuk Sebagai Gampong Film.

Aceh Bergerak berkolaborasi dengan sebanyak lebih dari 100 orang perwakilan komunitas serta para pemerintah akan melakukan penandatangan bersama untuk menyepakati desa Lambhuk kreatif dan menjadi desa film di Aceh.

Ketua Aceh Bergerak, Eva Hazmaini menjelaskan, Aceh bergerak siap membantu desa Lambhuk menjadi lokasi produktif sector kreatif industry budaya.

“Kami mendorong desa menjadi lokasi produktif sector kreatif dan menjadi industry budaya yang harus didukung oleh seluruh elemen masyarakat. Hal ini untuk kemajuan desa sebagai lokasi kunci dan lokomotif pembangunan ekonomi kerakyatan,” jelas Eva.

Sebagai informasi, Bertabur Bintang merupakan kegiatan rutin Aceh Bergerak yang dilaksakan setiap satu tahun sekali. Tujuannya menyediakan ruang publik seperti lokasi pemutaran film sebagai salah satu objek wisata masyarakat urban. [Rel]