Wakil Rektor I UIN: Daerah Aceh Perbatasan Berada dalam Kerentanan Aqidah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Kondisi rakyat Aceh yang berada di perbatasan sangat rentan aqidah. Keprihatinan tersebut diungkapkan Wakil Rektor I UIN Ar-Raniry Prof. M. Yasir Yusuf, saat menyampaikan materinya dalam acara bedah buku yang bertema “Perjalanan Forum Dakwah Perbatasan Menyelamatkan Akidah Umat”.

“Daerah Aceh perbatasan saat ini berada dalam kerentanan Aqidah, maka buku FDP ini membuka pandangan kita tentang masalah yang kompleks yang terjadi di daerah perbatasan Aceh saat ini dan menggugah iman kita untuk menyelesaikan masalah ini,” jelasnya.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Ar-Raniry bekerjasama dengan Forum Dakwah Perbatasan (FDP) di Aula Fakultas setempat (22/2/2024) yang diikuti oleh para pegiat dakwah, para pimpinan lembaga keagamaan, dan berbagai organisasi kemahasiswaan.

Ketua Forum Dakwah Perbatasan, Dr. Nurchalis, dalam sambutannya menyatakan bahwa FDP terus membantu dan membangun Aceh untuk terus maju terutama masyarakat Aceh yang berada di perbatasan dan pedalaman aceh.

“Saat ini banyak sekali masyarakat yang berada di daerah perbatasan Aceh yang beragama Islam tapi tidak tau penerapan ajaran islam dalam kehidupan nya, maka FDP telah melakukan berbagai kegiatan sosial untuk membangun Aceh menjadi lebih baik, terutama daerah pedalaman dan perbatasan Aceh, seperti telah menyekolahkan sekitar 200 orang mulai dari tingkat sekolah dasar, hingga jenjang magister, mensyahadatkan 100 orang di Markas Dewan Dakwah, hingga kemarin kami juga membangun mesjid di daerah pedalaman Sukadamai Mandailing Natal,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Dekan III FDK UIN Ar-Raniry, Dr. Sabirin, mewakili Dekan FDK UIN Ar-Raniry Prof. Kusmawati Hatta dalam sambutannya sangat mengapresiasi buku tersebut.

“Buku ini ditulis oleh para penulis yang luar biasa dan kami mengharapkan dengan adanya bedah buku ini dapat menjadikan buku Forum Dakwah Perbatasan ini lebih sempurna dikemudian hari,” ujarnya.

Acara tersebut menghadirkan tiga Narasumber sebagai pembedah buku yakni Prof. M. Yasir Yusuf, selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Dr.rer.nat. Ilham Maulana, Aktivis Dakwah yang juga Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam USK, dan Dr. Yusrizal, Kepala Biro Isra Provinsi Aceh. [Rel]