Mahasiswa KPM UIN Ar-Raniry Lakukan Sosialisasi Bahaya Narkoba Bagi Siswa Sekolah

Sumberpost | Bener Meriah ā€“ Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Univeritas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melaksanakan kegiatan sosialisasi bahaya Narkoba terhadap siswa di MTsS Desa Suka Ramai Atas Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah, Kamis (29/2/2024).

Koordinator Kelompok 3 KPM reguler UIN Ar-Raniry, Muhammad Saukas menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan mengedukasi siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba serta dampak buruk yang ditimbulkannya.

“Tujuan kami mengadakan sosialisasi ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan siswa-siswi agar tidak terjerumus kedalam narkoba dimana kita tahu bahwa narkoba mempunyai dampak negatif seperti gangguan kesehatan fisik dan mental, mengakibatkan ketergantungan serta juga dapat merusak organ tubuh,” jelasnya.

Sementara itu, Guru MTsS Suka Ramai Atas, Safwan mengungkapkan, sosialisasi ini sangat tepat diadakan dikarenakan siswa disekolah tersebut banyak yang merokok.

“Kegiatan ini bagus dan cocok untuk orang sini apalagi anak-anak kita banyak yang merokok, jadi dengan adanya sosialisasi ini, mereka bisa berubah dan menghilangkan kebiasaan merokok,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, salah seorang siswa MTsS Suka Ramai Atas, Nurul Fata mengatakan, kegiatan tersebut dapat memberikan pembelajaran bagi mereka dikarenakan banyak yang belum mengetahui tentang resiko dan kurugian yang ditimbulkan dari penggunaan narkoba.

“Sosialisasi semacam ini sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran kami terhadap resiko yang ditimbulkan dari penggunaan narkoba, dengan adanya kegiatan ini kami dapat mengetahui jenis-jenis narkoba, dampaknya bagi kesehatan tubuh, serta ciri-ciri pengguna Narkoba,” pungkasnya. []

Reporter: Cut Wulandari Sukma

Editor: Julia Makhrami