Mahasiswa KPM UIN Ar-Raniry Gelar Sosialisasi Stop Bullying dan Pelecehan Seksual di SD Negeri Bale

Sumberpost.com | Banda Aceh – Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry sukses menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Stop Bullying dan Pencegahan Pelecehan Seksual. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri Bale, Desa Bale Redelong, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener meriah, Senin (04/03/2024).

Kepala Sekolah SD Negeri Bale, Rahma Dewi menyampaikan, sosialisasi yang diselenggarakan oleh mahasiswa merupakan suatu tema penting bagi siswa yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Dalam hal ini, mahasiswa tidak hanya menyampaikan bahaya bullying tetapi anak-anak juga diberi edukasi terkait pelecehan seksual.

“Mahasiswa tidak hanya disampaikan terkait bahayanya bullying atau perundungan tapi juga di berikan edukasi tentang pelecehan seksual kepada siswa,“ ujarnya.

Ketua Kelompok KPM Desa Bale Redelong, Ulil Abshar menjelaskan, sebagai mahasiswa program studi Psikologi maraknya bullying dikalangan siswa saat ini sangat prihatin atas kesehatan mentalnya. Terlebih bullying sekarang dianggap sebagai bahan candaan sehari-hari.

“Dengan ditambah perkembangan zaman yang membuat fenomena bullying dan pelecehan seksual menjadi hal yang biasa bahkan candaan yang dilakukan di kehidupan sehari-harinya. Maka dalam hal itu rekan sekelompok yang sedang mengabdi ingin mengangkat tema stop bullying dan pelecehan seksual di desa tempat KPM nya,” jelas Ulil.

Kegiatan atau program dari kelompok KPM Desa Bale Redelong disambut hangat oleh pihak sekolah dan siswa. Materi yang disampaikan oleh Ulil Abshar dan Riska Sasalbilah sebagai mahasiswa Psikologi juga tidak terlepas kerja sama team dalam menyukseskan kegiatan ini. Semoga dengan adanya sosialisasi stop bullying dan pelecehan seksual dapat menciptakan suasana nyamandan mental yang sehat didalam lingkungan siswa. [Rel]