Gelar Upgrading & Raker, HMP MPI Tingkatkan Kompetensi Kepemimpinan Mahasiswa

Sumberpost. com | Banda Aceh – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh menyelenggarakan kegiatan Upgrading dan Rapat Kerja (Raker) di Aula Rektorat UIN Ar-Raniry, Rabu (06/03/2024).

Dalam hal ini terdapat dua materi penting yang dipaparkan oleh para narasumber. Materi pertama bertemakan “Kepemimpinan dalam Berorganisasi” yang disampaikan oleh Maulana Akbar, calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Aceh Besar dari Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2024-2029. Dalam hal ini Maulana memberikan inspirasi dan motivasi kepada seluruh mahasiswa HMP MPI dalam mengembangkan kemampuan kepemimpinan mereka di organisasi kemahasiswaan.

“Sebagai calon wakil rakyat, saya merasa terpanggil untuk membagikan ilmu dan pengalaman kepada generasi muda, khususnya mahasiswa agar mereka dapat menjadi pemimpin yang visioner dan berkontribusi positif bagi masyarakat,” jelas Maulana.

Kemudian, materi kedua bertema “Reformasi Organisasi dalam Meningkatkan Solidaritas dan Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa di Era 4.0”, yang dipaparkan langsung oleh Farid Nyak Umar, selaku Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh.

Farid menjelaskan, organisasi mahasiswa perlu melakukan reformasi agar dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman dan tuntutan di era digital saat ini. Reformasi organisasi meliputi pembaharuan tata kelola, sistem, dan budaya organisasi agar lebih efisien, transparan, dan berorientasi pada pencapaian tujuan bersama.

“Mahasiswa sebagai generasi muda harus mampu beradaptasi dan memanfaatkan peluang di era 4.0 ini. Untuk itu, dibutuhkan pemimpin yang visioner, kolaboratif, dan mampu membangun solidaritas tim yang kuat,” pungkas Farid. [Rel]