Digelar Secara Offline, Begini Tanggapan Peserta PJTD Sumberpost 2022

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pada Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) 2022, Sumberpost kembali menggelar PJTD secara offline setelah tahun sebelumnya diadakan secara online disebabkan pandemi virus Covid-19.

Acara yang berlangsung di Aula gedung Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry tersebut diikuti oleh 34 peserta magang yang terdiri dari bidang reporter, desain, foto dan video.

Setelah hampir 3 bulan sejak awal perekrutan anggota, PJTD ini menjadi kegiatan yang ditunggu tunggu oleh semua anggota.

Seorang peserta PJTD 2022, Najaf Ismadi menuturkan, acara tersebut sudah lama ia tunggu sejak bergabung di Sumberpost. Menurutnya, selain menambah ilmu, juga mampu memperkuat relasi antar sesama anggota.

“Menurut saya, acara PJTD ini cukup menarik, acara inilah yang saya tunggu selama ini dikarenakan saya sendiri adalah anggota pers yang pastinya sangat membutuhkan acara pelatihan seperti ini. Melalui acara ini, saya telah mendapatkan ilmu baru dan juga menambah relasi dengan teman-teman di bidang lain. Acara ini sangatlah bagus, baik dari pematerinya sampai dengan susunan acaranya,” ungkap Najaf.

Peserta lain, Rahmatillah juga menyampaikan kekekagumannya. Pada pelatihan tersebut ia banyak menerima ilmu tidak hanya fokus pada satu bidang yang ia pilih saat perekrutan.

“Menurut saya, acara pelatihannya menarik, karena dapat menambah wawasan dan ilmu baru dalam bidang yang berbeda pula, tidak hanya berfokus pada satu bidang saja. Selain itu, ada share pengalaman dari para pemateri yang bisa memotivasi saya maupun teman-teman yang lain agar kedepannya kami bisa menjadi jurnalis yang independen dan juga jujur,” terangnya.

Selanjutnya, Muhammad Zikri Kamal menjelaskan, PJTD sangat penting untuk mengarahkan suatu ilmu jurnalistik bagi peserta magang yang nantinya akan menjadi wartawan.

“PJTD ini merupakan program yang penting bagi peserta atau agen of change, karena disinilah pelatihan akan ilmu jurnalistik yang baik serta terarah dengan tepat karena diberikan pemahaman tentang hal tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Julia Makhrami menuturkan, ia sangat mudah memahami materi yang disampaikan, apalagi ditambah dengan langsung praktek.

“Menurut saya, acara PJTD 2022 ini sangatlah luar biasa bahkan lebih dari ekspretasi saya. Penyampaian materinya juga dengan bahasa yang mudah untuk dipahami dan dimengerti. Bahkan, ada beberapa pemateri yang langsung praktek, salah satunya cara menggunakan camera,” pungkasnya. []

Mag: Putri Bainah Desky

Editor: Saadatul Abadiah