UKM Gainpala UIN Ar-Raniry Adakan Lomba Panjat Tebing dan Tarik Tambang

Sumberpost.com | Banda Aceh – Unit kegiatan mahasiswa Gerakan Mahasiswa UIN Ar-Raniry Pecinta Alam (UKM Gainpala) mengadakan perlombaan panjat tebing dan tarik tambang di bukit Pantai Tebing Lampuuk, gampong Meunasah Bale, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Rabu (17/08/2022).

Acara ini dilakukan untuk memeriahkan pengibaran bendera merah putih yang menjadi acara utama dari Gainpala yang penuh suka duka tersebut. Para tamu undangan turut andil dalam pelaksanaannya. Event perlombaan panjat tebing ini tentunya dilengkapi dengan fasilitas keamanan diri yang memadai.

Kegiatan perlombaan dilaksanakan setelah waktu istirahat shalat dan makan (Ishoma), dimulai dengan pertandingan tarik tambang yang melibatkan anggota TNI AD, masyarakat dan tamu undangan terdiri dari 10 tim.Kemudian dilanjutkan dengan lomba panjat tebing yang diikuti oleh 32 orang secara bergantian.

Ketua umum UKM Gainpala, Citra Hanafi Borta mengatakan lebih memilih panjat tebing karena biasanya saat HUT RI masyarakat melaksanakan panjat pinang, jadi cara ini dilakukan agar untuk masyarakat bisa merasakan juga sensasi berbeda dari perayaan pada umumnya, tentu dengan pengamanan yang aman dan SOP yang telah berlaku. Serta memperkenalkan diri sebagai mahasiswa pencinta alam.

“Lomba tarik tambang ini sudah biasa dilaksanakan dalam perayaan HUT RI, lantas kami memilih melaksanakan panjat tebing karena ingin memperkenalkan diri kami yakni sebagai mahasiswa pecinta alam, tentu hal ini sudah di perhitungkan supaya masyarakat bisa merasakan bagaimana rasanya panjat tebing karena sistemnya sama seperti panjat pinang,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini tamu undangan sangat antusias mengikuti perlombaan, dari mereka bahkan ada yang belum pernah sama sekali merasakan bagaimana panjat tebing.

Seperti salah satu tamu undangan dari UKM Teater Rongsokan, Ismatul Rahmi mengatakan, ini kali pertama ikut serta dalam panjang tebing, yang biasanya hanya memanjat pohon saja tentu menjadi tantangan baginya. Mulai dari keseimbangan serta kekuatan tubuh, namun ia merasa aman dengan pemgaman yang baik.

“Ini pengalaman pertama saya panjat tebing biasanya hanya panjat pohon dan acaranya juga seru dan banyak tantangan, yang menjadi beban itu di bobot tubuh saya, perlu ada keseimbangan serta kekuatan untuk memanjat tapi rasanya aman karena ada pengaman yang mengikat,” ungkapnya. []

Reporter: Muhammad Zikri Kamal
Editor: Hasni Hanum