UIN Ar-Raniry Gelar Debat Kandidat SEMA dan DEMA Periode 2023-2024

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dalam rangka pemilihan pemimpin Senat Mahasiswa (SEMA) dan Dewan Eksekutif (DEMA) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry melaksanakan debat antar pemimpin yang terpilih yang diselenggarakan secara langsung di Kantin Jami’ah UIN Ar-Raniry, Kamis (12/05/2023).

Terdapat 4 kandidat sebagai pemimpin SEMA dan DEMA UIN Ar-Raniry yang diantaranya 3 kandidat pemimpin DEMA yaitu Ilham Rizky Maulana SK, mahasiswa dari Program Studi (prodi) Sosiologi Agama, Teuku Raja Ilhamuddin mahasiswa dari Prodi Arsitektur, serta Indra mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia. Dan terdpat 1 kandidat pemimpin SEMA yaitu Teguh Diansyah Mudawali Tanjung mahasiswa dari Prodi Manajemen Dakwah.

Debat kandidat pemimpin SEMA dan DEMA dilaksanakan secara terbuka untuk seluruh mahasiswa UIN Ar-Raniry. Di acara tersebut telah berhadir juga para petinggi penting UIN Ar-Raniry di sela-sela acara debat kandidat pemimpin SEMA dan DEMA, seperti Prof. Dr. Saifullah, M, Ag selaku wakil rektor III UIN Ar-Raniry, Mirwan Fasta, M. Si selaku kepala Biro Administrasi Akademik kemahasiswaan dan Kerjasama (KARO AAKK), Dr. Mumtazul Fikri selaku wakil dekan III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, kemudian Dr. Hasanuddin selaku wakil dekan III Fakultas Psikologi, serta Dr. Sabirin, S.Sos. I., MSi selaku wakil dekan III Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Rangkaian acara debat kandidat calon pemimpin SEMA dan DEMA UIN Ar-Raniry diawali dengan kata kata sambutan dari Teuku Raja Aulia Habibie selaku ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) dan kemudian disambung oleh Irwandi selaku ketua SEMA (2022-2023). Kemudian, penyampaian sambutan serta pembukaan acara secara simbolis oleh Mirwan Fasta, M. Si selaku kepala Biro Administrasi Akademik kemahasiswaan dan Kerjasama (KARO AAKK).

Mirwan Fasta, mengatakan debat kandidat ini sebenarnya adalah bagaimana kita bisa melahirkan pemimpin yang dapat melahirkan 1 pemimpin baik itu ditingkat SEMA ataupun DEMA, yang dilihat dari karakter, cara berbicara, cara mengayomi dalam kepemimpinan dan sebagainya.

“Debat kandidat ini sangat diapresiasi dari kita pimpinan UIN Ar-Raniry, sebagai salah satu rangkaian dari sukses kemahasiswaan di UIN Ar-Raniry.” Jelas Mirwan.

Mirwan selaku kepala Biro Administrasi Akademik kemahasiswaan dan Kerjasama (KARO AAKK) yang mewakili pimpinan UIN Ar-Raniry berharap dari debat kandidat ini akan melahirkan penilaian penilaian objektif dan dituntut dalam kepiawayan para kandidat untuk mengubah opini, serta kelebihan kelebihan yang menjadi nilai jual.

“Kompetisi itu penting, tetapi persatuan jauh lebih penting” ujar Mirwan. []

Reporter: Anzelia Angrahini
Editor: Raudhatul Jannah