SEMA dan DEMA Sampaikan Visi dan Misi Melalui Debat Kandidat Calon Presma 2023-2024

Sumberpost.com | Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menyelenggarakan Debat Kandidat calon Presiden Mahasiswa Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan calon Pimpinan Senat Mahasiswa (SEMA). Kegiatan ini diselenggarakan secara terbuka di kantin Jamiah UIN Ar-Raniry Banda, Kamis (11/5/2023).

Mirwan Faska, selau KARO AAKK sekaligus membuka acara debat kandidat mengatakan kegiatan ini adalah untuk menunjukkan pemimpin yang berkapasitas dan integritas yang nantinya dapat berkolaborasi antara Mahasiswa dan manajemen perguruan tinggi yang merupakan satu persatuan.

“Debat ini seharusnya menciptakan solusi dalam permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa dan keluarga UIN Ar-Raniry. Dapat diselesaikan dengan bersatunya mahasiswa,” tuturnya.

Irwandi, ketua SEMA UIN Ar-Raniry dalam kata sambutannya mengatakan, makna pemimpin sebenarnya adalah bisa mempengaruhi yang lainnya. UIN merupakan kampus Islam dimana pemimpinnya harus religius, bernilai tinggi dalam bahasa serta bisa menjadi agen perubahan bagi UIN Ar-Raniry.

“Berdebat secara intelektual dan menjadi agen perubahan dalam mendorong perkembangan mahasiswa dan menjadikan UIN Ar-Raniry kampus yang berintegritas,” ujarnya.

Adapun visi dan misi yang disampaikan terdiri dari 3 kandidat calon ketua DEMA. Yang pertama adalah no urut 1 yaitu Ilham Riski Maulana Sk dari Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat. Berikut visi dan misinya:

Visi
-Mewujudkan DEMA UIN Ar-Raniry yang Kolaboratif, Aspiratif, Advokatif dan yang paling penting adalah merdeka.

Misi
-Membangun komunikasi dengan semua elemen yang ada di UIN Ar-Raniry
-Membangun nalar-nalar kritis yang hari ini semakin layu dan akan dihidupkan kembali dengan kajian-kajian kedepannya
-Aktif dan melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, pendidikan, penelitian dan pengabdian.

No urut 2 adalah Indra dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Visi :
-Kolaboratif, interaktif, produktif yang mana disatukan menjadi narasi yaitu networking artinya membangun hubungan, Aspirasi yaitu harapan dan tujuan, Responsif kesadaran yang harus dilakukan dengan tanggung jawab, Sinergitas antara semua lembaga dan Inovatif yaitu cara berpikir yang baru dan Inovasi hasil dari inovatif.

No urut 3 yaitu Teuku Raja Ilhamuddin dari Fakultas Sains dan teknologi

Visi
-Terwujudnya Dewan Eksekutif UIN Ar-Raniry Banda Aceh sebagai pelopor organisasi pergerakan mahasiswa intra kampus yang Aspiratif dan Reformis.

Misi:
-Menjadikan DEMA sebagai pelopor solidaritas, sinergitas antar mahasiswa di lingkungan UIN Ar-Raniry
-Mengoptimalisasi media aspirasi sebagai wadah kritik dan saran yang bersifat solutif dan advokatif
-Mengoptimalkan tata kelola sesuai Tri dharma perguruan tinggi.
-Menciptakan iklim pengembangan minat dan bakat yang apresiatif dan berkelanjutan.

Adapun visi dan misi dari kandidat calon pimpinan SEMA yaitu Teguh Diansyah M dari Fakultas Dakwah Dan Komunikasi

Visi
-Mewujudkan semua UIN Ar-Raniry sebagai lembaga legislatif yang Insklusip, Rensponsip, Aspiratif, Regulatif serta berintegritas dalam menjalankan fungsinya dalam mensejahterakan keluarga UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Misi
-Mewujudkan kepengurusan SEMA yang Berintegritas, Dinamis, Harmonis, Berlandaskan asas profesionalitas.
-Menghadirkan produk hukum yang mewadahi kepentingan dan kekosongan hukum yang ada di lingkungan UIN Ar-Raniry. -Menciptakan wadah aspirasi cepat tanggap dan responsif.
-Melaksanakan pengawasan secara Efektif dan Efesien. -Membangun kerja yang bersinergi antar ormawa di lingkungan UIN Ar-Raniry. []

Reporter: Nadifa Rahma Putri
Editor: Raudhatul Jannah