Tim Robotik UIN Ar-Raniry dan 9 Cabang Lomba Lainnya Lanjut ke Babak Final OASE PTKI II 2023

Sumberpost.com | Banda Aceh – Tim Robotik dan 9 cabang lomba dari Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, dinyatakan lolos ke tahap final pada Olimpiade Agama Sains dan Riset (OASE) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) II tahun 2023, yang dilangsungkan di di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Cabang lomba tersebut dinyatakan lolos ke tahap final sesuai dengan Pengumuman Hasil Seleksi Babak Penyisihan OASE PTKI 2023 pada tanggal 22 – 26 Mei 2023 secara daring menggunakan virtual meeting dan aplikasi penjurian panitia pelaksana OASE PTKI pada tanggal 31 Mei 2023.

Salah satu peserta lomba untuk cabang lomba Robotik dan Programming, Muhammad Rifansyah Nasruddin Said, dan Misbah Anuari dari Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) UIN Ar-Raniry mengungkapkan, Robotik dan Programming merupakan salah satu cabang lomba dalam kegiatan OASE PTKI II yang di ikuti oleh 10 finalis.

“Lomba Robotik dan Programming sendiri merupakan salah satu cabang lomba yang ada pada kegiatan OASE PTKI II tahun ini. Untuk peserta cabang lomba tersebut terdiri dari 10 peserta finalis, dan salah satunya ialah tim Robotik UIN Ar-Raniry Banda Aceh,” kata Rifansyah salah satu peserta lomba, Selasa (13/6/2022).

Selain itu Rifansyah mengungkapkan,  dalam lomba ini tim Robotik UIN Ar-Raniry membuat Arm Robot/lengan Robot dan memiliki peluang untuk diterapkan di industri.

“Tim Robotik UIN Ar-Raniry membuat robot yang berupa arm robot/lengan robot yang dapat diterapkan di industri, seperti contoh kasus kali ini kami mengaplikasikan arm robot ini sebagai robot penyedia kopi yang dapat digerakkan dengan mode otomatis dan manual,” tuturnya

“Untuk mode otomatis menggunakan sistem Internet of Things (IoT) yang dapat dikontrol melalui smartphone yang terhubung ke internet, sedangkan manual dengan menekan tombol push button yang tertera di perangkat mikrokontroler. Dan lengan robot ini dapat dikembangkan sesuai keinginan si pengguna,” lanjutnya.

Rifansyah juga menyampaikan, kesan dan harapannya sebagai peserta lomba, semoga lomba ini membuahkan hasil yang maksimal.

“Kesannya kami dari tim Robotik sangat excited terhadap lomba ini, untuk harapannya semoga kami bisa memberikan hasil terbaik di lomba ini dan target kami yaitu mendapatkan juara,” ujarnya.

10 cabang lomba yang berhasil maju ke babak selanjutnya yakni Fisika, Literasi Inovasi Teknologi, Produk Halal dan Kesehatan Pangan, Sosial Keagamaan, Design Arsitektur Islam, Robotik dan Programming, Debat B. Inggris, Debat B. Arab, Qiraatul Kutuk. Kesepuluh cabang ini telah mengikuti seleksi internal dan akan kembali adu kemampuan pada 14 – 17 Juni 2023 mendatang. []

Reporter: Rahmatillah
Editor : Nurul Hidayah