Menwa UIN Ar-Raniry Jadi Delegasi Ratih di Bogor

Sumberpost.com | Banda Aceh – Unit Kegiatan Khusus (UKK) Resimen Mahasiswa (Menwa) Batalyon (Yon) 102 Rencong Sakti Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry terpilih menjadi salah satu delegasi Kader Rakyat Terlatih (Ratih), yang berpusat di Bogor pada 20-23 Juni 2023.

Ratih terpusat Tingkat Pertama TA 2023 ini diutus oleh Komando Daerah Militer (Kodam) Iskandar Muda. Kegiatan yang diadakan langsung oleh Markas Besar Angkatan Darat (Mabes AD) bertempat di Green Forest, Bogor, Jawa Barat.

Komandan Yon 102 Rencong Sakti, Muhammad Putra Pratama mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memfasilitasi ilmu pengetahuan, serta seni beladiri.

“Dalam bentuk pendidikan kader Ratih tujuannya untuk memfasilitasi ilmu pengetahuan, ketangkasan atau seni beladiri serta fisik untuk pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujarnya, Selasa 20 Juni 2023.

Putra juga berharap semoga dalam kegiatan ini, personil yang diutus bisa menyerap seluruh ilmu, bisa membanggakan terutama Kampus Biru UIN Ar-Raniry.

“Harapan saya selaku komandan Batalyon 102 Rencong Sakti UIN Ar-Raniry semoga dalam kegiatan ini, personil yang diutus bisa menyerap seluruh ilmu, bisa membanggakan terutama Kampus Biru UIN Ar-Raniry Banda Aceh mewakili provinsi Aceh dalam kegiatan Ratih,” harapnya.

Ia juga menambahkan bahwa yang banyak difasilitasi oleh Kodam IM untuk mengikuti Ratih adalah anggota Menwa.

“Dan memang yang difasilitasi banyak adalah anggota menwa, karena Menwa sudah dikaderkan sebagai belanegara,” lanjutnya.

Pada kesempatan ini, Menwa Yon 102 Rencong Sakti mengutus 7 anggota antara lain, Muhammad Putra Pratama, Ahmad Furqan, Hermansyah Rudi, Rahmad Syawaldi, Muhammad Haris, Fatahillah, dan Andika sebagai peserta pada kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut didampingi langsung oleh Staf Aster Kodam IM, Sersan Mayor (Serma) Herman. 7 Anggota Menwa tersebut di utus oleh Kodam IM mewakili Provinsi Aceh, beserta 2 anggota lainnya yang berasal dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI). Jumlah keseluruhan peserta yang mengikuti Ratih dari Provinsi Aceh sebanyak 9 peserta. []

Reporter: Cut Wulandari Sukma
Editor: Julia Makhrami