Bersama PSGA, UIN Ar-Raniry Gelar Pemilihan Duta Gender 2023

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) bekerjasama dengan  Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Gelar kegiatan pemilihan Duta Gender tahun 2023 yang berlangsung dari tanggal 28 September hingga 10 oktober 2023. Acara pembukaan ini dilaksanakan di gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Ar-Raniry, Kamis (28/9/2023).

Dalam kata sambuatannya, rector UIN Ar-Raniry, Prof Mujiburrahman menjelaskan, isu gender seperti kesetaraan gender di lingkungan kampus sangat penting disuarakan. Hal inilah yang mendorong adanya pemilihan duta gended di kampus UIN Ar-Raniry.

“Hal ini mendorong mahasiswa bahwa isu gender di kampus sangatlah penting juga kesetaran gender dalam masyarakat secara lebih luas,” kata Prof Mujiburrahman.

Ketua PSGA UIN Ar-Raniry, Nashriyah, berharap agar nantinya duta gender ini bisa menjadi pelopor dan pelapor dimana seperti tugas duta lainnya mereka harus bisa menjadi pelopor terkait kesetaraan gender yang terjadi di lingkungan masyarakat dan mampu menjadi pelapor ketika terjadi kekerasan seksual di kampus.

“Seluruh peserta duta gender dapat menjadi 2P, yakni sebagai pelopor dan pelapor, seorang duta mampu menjadi pelopor tentang kesetaraan gender saat ini dapat dipandang di masyarakat, kemudian menjadi pelapor ketika terjadinya diskriminasi atau kekerasan seksual yang ada di lingkungan kampus,” pungkasnya.

PSGA sendiri mengundang setiap mahasiswa dari sejumlah prodi yang ada di UIN Ar-Raniry dengan cara mengirimkan perwakilan, yaitu satu laki laki dan satu perempuan. Ada sejumlah rangkaian kegiatan yang di adakan oleh PSGA untuk pemilihan duta gender UIN Ar-Raniry 2023, yaitu dua hari pembekalan dimana di mulai tanggal 28 dan 29 September, kemudian setelah pembekalan kegiatan selanjutnya adalah mebuat flayer  dan video penjelasan terkait isu gender yang sudah dibagikan mulai dari tanggal 1-7 Oktober. Rangkaian proses selanjutnya, yaitu voting untuk pemilihan duta gender favorit di Instagram duta gender UIN Ar-Raniry. Setelah berakhirnya semua rangkaian proses seleksi, di tanggal 10 Oktober, dipilih juara Duta Gender UIN Ar-Raniry 2023 yang nantinya mereka akan bekerja sama dengan PSGA selama satu tahun mendatang. []

Reporter: Ade Sisi Adila (Mag)

Editor: Raudhatul Jannah